Laravel 10

Belajar Dasar-dasar Laravel 10 Sampai Jago

  • 08 September 2023
  • 56 view
Belajar Dasar-dasar Laravel 10 Sampai Jago

Laravel, salah satu framework PHP paling populer, terus berkembang dengan fitur-fitur baru dan peningkatan performa. Dengan rilis Laravel 10, ada lebih banyak alasan bagi developer untuk memulai atau melanjutkan perjalanan belajar mereka dengan framework ini. Artikel ini akan membantu Anda memahami dasar-dasar Laravel 10 dan memberikan fondasi yang kuat untuk menjadi ahli.

1. Kenapa Memilih Laravel?

Laravel menawarkan sintaks yang elegan, fitur otentikasi yang kuat, dan ekosistem yang kaya, membuatnya menjadi pilihan favorit bagi banyak developer.

2. Persiapan Awal: Instalasi Laravel

Sebelum memulai, Anda perlu menginstal Composer, manajer paket PHP. Setelah itu, Anda bisa menginstal Laravel dengan perintah:

composer global require laravel/installer

3. Struktur Aplikasi Laravel

Laravel memiliki struktur direktori yang jelas:

  • app/: Berisi kode sumber aplikasi.
  • routes/: Tempat Anda mendefinisikan rute web.
  • resources/views: Untuk template blade.
  • database/: Migrations dan seeds.

4. Routing di Laravel

Routing adalah cara Laravel menangani URL. Anda dapat mendefinisikan rute di routes/web.php. Contoh:

Route::get('/', function () { return view('welcome'); });

5. Blade Templating Engine

Blade adalah sistem templating Laravel yang memungkinkan Anda menulis kode HTML dengan sintaks PHP yang lebih sederhana.

6. Eloquent ORM

Eloquent adalah ORM Laravel yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan database dengan cara yang lebih intuitif. Setiap tabel database memiliki model Eloquent yang sesuai.

7. Migrations dan Seeding

Migrations memungkinkan Anda mendefinisikan struktur tabel database, sementara seeding memungkinkan Anda mengisi tabel dengan data awal.

8. Autentikasi di Laravel 10

Laravel 10 mempermudah pembuatan sistem autentikasi. Dengan perintah php artisan make:auth, Anda dapat menghasilkan sistem login dan registrasi dengan cepat.

9. Middleware dan Security

Middleware memungkinkan Anda menambahkan lapisan verifikasi ke rute Anda, seperti memeriksa apakah pengguna sudah login. Laravel juga memiliki fitur keamanan bawaan untuk mencegah serangan umum seperti SQL injection.

10. Memahami Dependency Injection dan Service Container

Laravel menggunakan konsep dependency injection untuk menyediakan kelas-kelas yang Anda butuhkan, memudahkan pengujian dan pemeliharaan kode.

Kesimpulan

Laravel 10 membawa banyak fitur baru dan peningkatan yang memudahkan proses pengembangan web. Dengan memahami dasar-dasar yang telah dijelaskan di atas, Anda akan memiliki fondasi yang kuat untuk membangun aplikasi Laravel yang canggih dan menjadi developer Laravel yang jago. Selalu perbarui pengetahuan Anda dan eksplorasi dokumentasi resmi Laravel untuk belajar lebih dalam.

  • 4
  • 0

Bagikan ke Media Sosial:

Jangan lewatkan update terbaru

Berlangganan Sekarang

Kami akan mengirimkan Artikel dan Produk terbaru ke email Anda.

  • No credit card required
  • Cancel anytime
  • 10+ tools to expolore